Rabu, 05 Agustus 2015

Cara paling aman menyimpan data di internet

Cara paling aman menyimpan data di internet
Cara paling aman menyimpan data di internet
Image courtesy of Jscreationzs/FreeDigitalPhotos.net
Mungkin sebagian dari kita sangat menyukai inernet. Bisa dikatakan tidak terbiasa jika dalam sehari tidak berinteraksi dengan dunia maya. Saat berinteraksi dengan internet, sangat dimungkinkan seorang pengguna internet untuk mengunggah berbagai data lalu kemudian menyimpan data tersebut ke tempat penyimpanan data apakah itu memori SD card, Flashdisk dan lain sebagainya.

Adakalanya kita terlupa untuk membawa Flashdisk atau memori penyimpan data lainnya, sehingga kita harus mencari tempat penyimpanan data lain yang lebih aman. Karena aktifitas internet merupakan aktifitas dunia maya, maka file yang kita simpan juga di dunia maya dan ini merupakan alternatif paling aman untuk menyimpan data. Anda baru bisa melihat, mengambil atau mengunggah file anda tersebut jika sudah tersambung dengan internet. Jadi, tidak ada resiko kebakaran, kebanjiran, atau bencana lain yang mengakibatkan hilangnya data tersebut.

Itulah keuntungan yang bisa dirasakan ketika menyimpan data penting di internet. Berbeda jika data penting tersebut berada di kantor atau d rumah, dikhawatirkan akan hilang atau terkena bencana lain. Alternatif menyimpan file penting di internet merupakan altrnatif terbaik. Berikut beberapa situs yang menyediakan ruang penyimpanan gratis untuk file anda. Anda tidak perlu khawatir akan keamanan file anda. Semua akan terjaga dengan baik dan bisa dipercaya.

Blogger

Blogger merupakan salah satu produk Google yang memberikan fasilitas kepada pengguna untuk menyimpan banyak data. Meskipun bukan tujuan asli dari blogger, namun data anda bisa dengan aman tersimpan dalam blog tersebut. Tapi ingat, yang memegang kendali adalah anda. Segala hal seperti alamat email dan pasword anda jangan sampai. Sebab, untuk mengakses blog anda dibutuhkan alamat email dan pasword yang anda buat sewaktu daftar di blogger.

Fasilitas yang disediakan Blogger bisa anda nikmati secara gratis namun dalam kapasitas penyimpanan yang masih terbatas. Jika anda ingin menyimpan data yang tidak terbatas, anda bisa menggunakan jasa Hosting berbayar untuk membuat penympanan data anda unlimited.

Wordpress

Wordpress merupakan media Merupakan salah satu media di internet yang menyediakan kapasitas yang besar baik untuk menyimpan data ataupun untuk mempublikasiannya di dunia maya. Wordpress seperti halnya blogger. Banyak orang yang menggunakan fasilitas ini untuk mempublikasikan tulisan atau file mereka agar bisa dilihat orang lain. Jika anda tidak untuk mempublikasikannya, cukup hanya dengan menyimpannya di draft saja.

Kapasitas penyimpanan data yang disediakan oleh Wordpress terbilang cukup besar, andapun bisa dengan gratis mendapatkannya, namun jika anda menginginkannya lebih besar lagi atau unlimited file storage bisa membeli hosting langsung di Wordpress. 

Untuk menggunakan fasilitas penyimpanan data secara online, baik Blogger maupun Wordpress anda hanya perlu membuat akun email. Saran saya buatlah akun Gmail (Gmail merupakan salah satu produk Google yang memungkinkan penggunanya dapat menggunakan produk Google lainnya, seperti Blogger, Google adsense, Google plus, dll).

Baca : Buat 1 akun Gmail, nikmati berbagai produk Google lainnya

Email

Dengan menggunkan Email, anda sudah bisa menyimpan data anda secara online dan itu merupakan cara yang paling aman. Anda bisa menyimpan data anda di menu draft. Jika sewaktu-waktu anda ingin mengirim data tersebut ke teman anda, anda bisa langsung mengirimnya pada menu Compose message. 

Di internet, banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas mengirim Email seperti Google yang terkenal dengan Gmail.com nya, Yahoo.com dan Mail.com. Silakan dipilih mana saja yang anda suka.

Google Drive

Google Drive merupakan salah satu produk layanan Google yang menyediakan fasilitas kepada penggunanya untuk menyimpan data. Baik itu dokument, video, audio dan lain sebagainya. Google Drive menyediakan 5 GB data secara gratis bagi anda yang sudah memiliki akun Google. 


4Shared

4Shared menyediakan fasilitas penyimpanan data yang cukup besar yaitu sekitar 15 GB. Anda bisa menyimpan banyak data bak itu berupa Audio, Video, Document, Gambar dan lain sebagainya. Meskipun 4Shared merupakan sebuah situs yang biasanya digunakan tempat pengunggah file, namun anda juga bisa menggunakannya untuk sekedar menyimpan data anda.

Dropbox

Dropbox merupakan salah satu situs penyimpanan file atau data yang memberikan kapasitas 2 GB untuk masing-masing akun. Anda bisa memperbesar kapasitas tersebut jika memang belum puas dengan cara membelinya di situs tersebut. Anda hanya perlu mengupload data anda ke akun yang sudah anda buat.

Sugarsync

Sugarsync juga merupakan salah satu media yang menyediakan file storage yang cukup besar bagi anda.  Data anda yang tersimpan di Sugarsync akan aman. Utuk bisa membuat akun di Sugarsync anda ditawakan beberapa file storage dengan kapasitas tertentu. Tntunya anda membayar terlebh dahulu untuk menggunakan jasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar